Breaking News
Loading...
20 Okt 2012

10 Bahaya Akibat Pemanasan Global

10/20/2012 03:33:00 PM

Pemanasan Global atau Global Warming akhir-akhir ini memang santer diberitakan. Itu karena dampak dari pemanasan itu yang meliputi seluruh bagian dunia.
Berikut adalah bahaya dari pemanasan global :
  1. Great Barrier Reef akan hilang dalam 20 tahun

    Great Barrier Reefterancam akan rusak disebabkan oleh pemanasan air dalam kurun waktu 20tahun. Charlie Veron, mantan kepala ilmuwan Australian Institute ofMarine Science, mengatakan kepada The Times: “Tidak ada jalan keluar,tidak ada celah. Great Barrier Reef akan berakhir dalam waktu 20 tahunatau lebih “Pada tahun 2030 sampai 2060,semua terumbu karang yang adadidunia di prediksikan akan punah karena efek pemanasan global.
  2. Hutan Amazon akan berubah Menjadi Padang Pasir Dipenuhi dengan jutaan spesies dan seperlima dari air segar dunia,Amazon adalah hutan tropis terbesar di dunia. Namun, pemanasan globaldan penggundulan hutan yang membalikkan peran hutan sebagai penyerapkarbon, mengubah 30-60% dari hutan hujan menjadi savana kering.Proyeksi menunjukkan hutan Amazon bisa hilang sepenuhnya pada tahun2050.
     3.     Gurun Sahara akan menjadi hijau
Para ilmuwan melihatsinyal bahwa gurun Sahara dan daerah sekitarnya akan menjadi penuhdengan pepohonan karena curah hujan meningkat. Jika berkelanjutan,hujan ini bisa merevitalisasi daerah yang dilanda kekeringan, reklamasimereka bagi masyarakat pertanian. Tren gurun-menyusut didukung olehmodel iklim, yang memprediksi kembali ke kondisi yang mengubah Saharamenjadi padang rumput yang subur seperti sekitar 12.000 tahun yang lalu.
    4. Badai akan menjadi lebih berbahaya dari Katrin
Belum ditentukan apakah Katrina terkait dengan pemanasan global. Namun ada indikasi bahwapemanasan global akan menghasilkan lebih dari 5 Kategori badai – danKatrina hanya 4 Kategori ketika menghantam kota Louisiana.Pemanasanglobal juga membuat badai lebih destruktif dengan menaikkan permukaanlaut, yang menyebabkan banjir pantai menjadi lebih berbahaya.
     5.  2.000 Pulau Di INDONESIA Akan Hilang
     Setidaknya 2.000 pulaukecil yang berada di seluruh kepulauan Indonesia diprediksikan mungkinakan hilang pada tahun 2030 sebagai akibat dari kegiatan penambanganyang berlebihan dan lingkungan yang merusak lainnya.Sampai saat iniIndonesia telah kehilangan lebih dari 24 pulau dari sekitar 17.500pulau yang dimiliki oleh Indonesia
     6. London akan hilang karena Terendam Air pada Tahun 2100
Hal ini tidak hanyaterjadi pada terumbu karang dan dataran rendah pulau-pulau yang beradadi bawah ancaman dari pemanasan global. Bahkan,ancaman utama bagidaerah perkotaan besar yang beresiko tinggi karena dapat terendam olehair. Hal ini disebabkan oleh perubahan permukaan air laut yang terjadisaat pemanasan global terjadi.Puluhan kota-kota di dunia,termasukLondon dan New York,bisa dibanjiri oleh akhir abad ini, menurutpenelitian yang menunjukkan bahwa pemanasan global akan meningkatkanpermukaan air laut lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.London adalah salah satu ibu kota utama dunia yang beresiko palingtinggi terkena banjir.

        7.     Tubuh Binatang dapat Menyusut
Pemanasan iklim dapatmendukung spesies kecil di atas spesies yang besar.Berdasarkan analisismassa tubuh ikan, plankton, dan bakteri dalam ekosistem Eropa,parailmuwan melaporkan bahwa tubuh domba di sebuah pulau di Skotlandia yangmenyusut karena kondisi hangat.
Studi baru menunjukkan bahwa spesies individu kehilangan rata-rata 50persen dari massa tubuh mereka selama 30 tahun terakhir. Ukuran tubuhberkurang adalah respon ekologi ketiga universal untuk pemanasan global.
      8. Dapat meningkatkan Terorisme
       Pemanasan global dapatmenggoyahkan iman orang miskin di seluruh dunia,migrasi massal besar2andapat menciptakan tempat berkembang biaknya para teroris didunia. Orangcenderung untuk lari ke negara yang memiliki keadaan stabil, danbeberapa mungkin beralih ke terorisme.Menurut Ketua Dewan IntelijenNasional di AS,para pengungsi akibat ekonomi akan melihat alasantambahan untuk meninggalkan rumah mereka karena iklim lebih keras.Ituakan memberi tekanan pada negara-negara penerima pengungsi,karenakelebihan penduduk.
       9.  Gunung Alpen Bisa meleleh sepenuhnya
         Gletser yang terjadi padamusim hangat, musim kering dan musim panas yang disebabkan olehpemanasan global,dan meskipun hujan salju di musim 2008-2010 sangatbesar, beberapa tahun terakhir secara keseluruhan telah terlihatkurangnya jumlah salju yg berada pada ketinggian rendah,dengan surutnyagletser dan permafrost mencair lebih tinggi,dengan dampak yangsignifikan terhadap kegiatan wisata musim dingin. Diperkirakan bahwagletser akan hilang antara tahun 2030 dan 2050.
     10. Maladewa akan Terendam
     Negara dan flattestterendah di dunia terancam akan menderita erosi pantai,dan bisatenggelam jika permukaan air laut terus meningkat,dengan munculnyapulau-pulau yang lebih kecil.Prediksi ekstrem ini begitu meresahkanwarga dan berita buruk bagi para wisatawan yang gemar berwisata dipantai-pantai Maladewa.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer